Salah satu hukum bacaan mad adalah mad badal. Berikut contoh mad badal, pengertian dan cara bacanya.

Pengertian Mad Badal

Daftar Isi Artikel

Badal dalam bahasa Arab berarti ganti. Disebut mad badal karena terdapat huruf mad (  أَ   ) yang menggantikan hamzah sukun.

Mad badal terjadi saat ada dua huruf hamzah (ء), huruf hamzah pertama berharakat, sedangkan huruf hamzah yang kedua berharokat sukun (mati), maka hamzah yang kedua diganti dengan alif, wau, atau ya.

Saat ada hamzah berharakat fathah, kasrah, atau dommah bertemu hamzah sukun, maka disebut mad badal. Cara membaca Mad badal ialah dipanjangkan dua harakat atau satu alif.

 



 

Contoh Bacaan Mad Badal

ءَامَنُواْ

Sebetulnya, asal dari kata  ءَامَنُواْ adalah أَأْمَنُوْا . Terdapat dua hamzah beriringan, yang pertama berharakat, sedangkan hamzah yang kedua sukun. Hamzah yang berharokat sukun (kedua) digantikan dengan huruf alif.

إِيْـمَانًا

Asal dari kata إِيْـمَانًا adalah  إِئْمَانًا . Terdapat dua hamzah beriringan, yang pertama berharakat, sedangkan hamzah yang kedua sukun. Hamzah yang berharokat sukun (kedua) digantikan dengan huruf ya sukun.

أُوْتُوا

Asal dari kata أُوْتُوا adalah أُؤْتُوا , terdapat dua hamzah beriringan, yang pertama berharakat, sedangkan hamzah yang kedua sukun. Hamzah yang berharokat sukun (kedua) digantikan dengan huruf wau sukun.

Apabila hamzah pertama berharakat fathah, hamzah kedua diganti menjadi alif. Apabila harakat hamzah pertama adalah kasrah, hamzah kedua diganti menjadi ya sukun dan apabila hamzah pertama berharakat dhammah, hamzah kedua diganti menjadi wau sukun.

Mad Iwad: Pengertian, Contoh Dan Cara Membacanya

Cara Membaca Mad Badal

Seperti disinggung sebelumnya, bahwa cara baca mad badal adalah dengan panjang 2 harokat/ketukan atau satu alif.

 

ءَامَنُواْ                  dibaca aamanuu

إِيْـمَانًا                  dibaca iimaanan

أُوْتُوا                   dibaca uutuu

Akan tetapi, apabila setelah huruf mad (alif, ya, wau) terdapat hamzah atau huruf sukun maka bukanlah dinamakan mad badal, contoh:

يُرَاءُونَ setelah huruf mad (alif) ada huruf hamzah akan tetapi dibaca waqof, maka bacaan ini hukumnya menjadi mad aridh lissukun.

بُرَآَؤُ مِنْكُم  terdapat huruf mad (alif) setelahnya huruf hamzah, tetapi masih dalam satu kata, bacaan ini hukumnya menjadi mad wajib muttashil.

Perbedaan Mad Thobi’i dan Mad Badal

Bagi beberapa orang, sekilas terlihat hampir sama antara mad badal dengan mad thobi’i. Pedahal keduanya memiliki perbedaan. Jadi perbedaan antara mad badal dan mad thobii adalah terletak pada huruf awal (huruf sebelum huruf mad).

Untuk mad thobi’i berlaku apabila huruf awalnya semua huruf hijaiyyah kecuali hamzah, sedangkan untuk mad badal berlaku apabila huruf awalnya hamzah.

Note: huruf mad ialah alif, ya, wau




 

Contoh Ayat Al-Qur’an yang Terdapat Mad Badal

Banyak sekali hukum mad badal di dalam Alquran, diantaranya adalah:

Mad Badal Dalam Surah Al-Quraisy ayat 1

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ                                          Dibaca Li iilaafi quraish

Mad Badal Dalam Surah Al-Quraisy ayat 2

إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاء وَالصَّيْفِ                         Dibaca Iilaafihim rihlatas syitaai was shoiif

Mad Badal Dalam Surah Ad-Dhuha ayat 4

وَلَلْآخِرَة خَيْرٌ لَّكَ مِن الْأُولَىَٰ                          Dibaca Walal aakhirotu khoirul laka minal uulaa

Mad Badal Dalam Surah Al-Waqiah ayat 16

مُتَّكِئِينَ عَلَيْهَا مُتَقَابِلِينَ                                   Dibaca Muttakiiina ‘alaiha mutaqoobiliin

Mad Badal Dalam Surah Al-Baqarah 121

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ                                    Dibaca Alladziina aatainaa humul kitaab

Dan masih banyak lagi ayat-ayat yang mengandung bacaan hukum mad badal dalam Alquran. Agar mendapatkan kesempurnaan dalam membaca ayat suci Al-Quran, maka perlu diperaktekkan semua hukum-hukum dalam ilmu tajwid, termasuk mad badal. Semoga informasi ini bermanfaat!