Anak sering bosan saat belajar? Yukk ajak si kecil bermain fun english game agar bisa bermain sambil belajar.
English Games For Kid
Belajar tentu akan membosankan jika hanya duduk memegang kertas dan pensil. Jika guru hanya mendominasi, berbicara, menyampaikan teori dan teori, dijamin murid akan jenuh dan malas mengikuti kelas.
Supaya hal mengerikan di atas nggak terjadi, yuk ajak anak-anak bermain sambil belajar dengan english game for kid. Permainan bahasa inggris ini akan membantu anak merasa lebih enjoy saat belajar. Jika perasaan anak senang, tentu akan mudah baginya memahami materi.
Berikut beberapa english game atau permainan bahasa inggris yang dibisa diaplikasikan, baik di sekolah, lembaga kursus atau di rumah:
Find Your Mate English Game
Permainan ini membutuhkan alat dan bahan, yaitu:
- Kartu kecil
- Siapkan kata-kata yang berpasangan atau kebalikannya, misalnya: mother-father, brother-sister, uncle-aunt, happy-sad, old-young, big-small, dan lain-lain.
- Tulis kata-kata tersebut di kartu.
Tujuan:
Menambah perbendaharaan kosa kata, sebab setiap anak akan memikirkan kata yang bersesuaian
Kemampuan sosialisasi, sebab anak akan saling bertanya.
Belajar aktif berbicara bahasa inggris dengan percaya diri.
Aruan bermain:
- Semua kartu dikocok terlebih dahulu, lalu bagikan pada semua peserta.
- Peserta harus mencari kata yang sesuai dengan kata yang dimiliki peserta lain. Mereka harus berkomunikasi (baik bertanya atau menjawab) dalam bahasa Inggris
- Beri waktu peserta 5 menit untuk mencari pasangannya, 10 menit untuk wawancara.
- Setelah berhasil menemukan tiap-tiap pasangan, semua peserta duduk bersama. Tutor menyebutkan satu pasang kata dengan pasangan pemegang kata tersebut.
- Pasangan peserta yang disebutkan harus maju dan masing-masing memperkenalkan pasangannya (bukan memperkenalkan diri sendiri). Apa saja tentang temannya, nama, alamat, hoby dan lain-lain.
Who/What Am I? English Games
Permainan ini membutuhkan alat dan bahan, yaitu:
- Kertas untuk dibuat kartu
- Alat tulis
Tujuan permainan:
Melatih peserta percaya diri berbahasa inggris aktif
Meningkatkan kemampuan deskripsi suatu objek
Aturan permainan:
- Tutor membagikan kartu pada setiap peserta bertuliskan benda, profesi, tumbuhan ataupun hewan.
- Peserta diminta maju kedepan satu persatu tanpa memberi tahu pada teman-temannya kata yang ia pegang. Peserta yang maju akan menyebutkan ciri-ciri dari kata tersebut. Misal : Sun.
It’s big, hot, on the sky, rise in the morning. What is it?
My Hope (English game)
Permainan ini membutuhkan alat dan bahan, yaitu:
- Kertas untuk dibuat kartu
- Alat tulis
Tujuan permainan:
Anak mampu mengenali keinginan dan harapannya
Percaya diri berbahasa Inggris
Aturan Permainan:
- Kertas dibagikan pada setiap peserta
- Peserta diminta menuliskan keinginannya saat ini ataupun dimasa yang akan datang, contoh: I want to go to the zoo, i want to be a pilot, i want a new toy, dan sebagainya.
- Kertas digulung dan dilipat, masukkan ke wadah dan dikocok
- Tutor mengambil satu kertas dan membacakan isinya
- Pemilik kertas yang isinya dibacakan maju ke depan dan menceritakan kenapa ia menginginkan itu.
- Beri waktu 5 menit untuk menjelaskannya. Buat peserta menghabiskan 5 menit pas, agar ia belajar merangkai banyak kalimat dalam bahasa inggris.
Adventure Time
Permainan ini cocok dilakukan outdoor. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah:
- Kertas untuk dibuat kartu
- Alat tulis
- Goodie bag/plastik
Tujuan Permainan
Melatih fokus
Melatih jiwa kompetisi
Aturan bermain:
- Tutor menyiapkan kartu berisikan instruksi, lalu gulung dan taruh dalam wadah:
Contoh instruksi:
Find 5 green leaves
Find 7 small rocks
Find 8 flowers
Benda-benda yang dijadikan target, bisa benda nyata atau flashcards. Jika dalam bentuk flashcards, maka kartu itu harus disebar dan disembunyikan di tempat yang berbeda.
- Bagi peserta menjadi 2 kelompok, setiap kelompok akan mengambil satu kertas berisi instruksi secara bergantian. Setiap kelompok bertugas menemukan benda dalam instruksi dan mengumpulkannya dalam goodie bag/plastik.
- Jika kartu instruksi sudah habis, tutor akan menilai kedua kelompok. Kelompok mana yang menyelesaikan tantangan dengan tepat menjadi pemenangnya.
Lots of Words
Alat dan bahan:
- Kartu huruf A sampai Z
- Papan tulis
Tujuan:
Menambah kosa kata bahasa Inggris
Berlatih untuk berdiskusi
Aturan permainan
- Kocok kartu alfabet
- Bagi peserta dalam kelompok kecil 3-5 orang
- Bagikan kartu pada setiap kelompok
- Setiap kelompok harus berdiskusi untuk mengumpulkan kata sebanyak mungkin dari huruf yang diperoleh. Misal, mendapat huruf A, kata yang dikumpulkan ant, arm, apple, air, dan lain-lain.
- Kemudian, wakil kelompok menuliskan semua kata yang diperoleh berdasarkan huruf awal.
- Semua peserta diminta mengkoreksi, gunakan kamus jika diperlukan
- Kata yang benar mendapat skor. Pemenang adalah pemegang skor tertinggi.
Move and Touch
Tujuan :
Kemampuan listening
Melatih Fokus
Menambah kosa kata
Aturan Permainan:
- Tutor menyanyikan lagu tentang anggota tubuh dalam bahasa inggris sambil memegang anggota tubuh yang disebutkan. Selesai bernyanyi, tanyakan pada anak: Touch your head! Touch your eyes, clap your hand!
- Saat memberikan instruksi, tutor bisa mengecoh dengan memegang anggota tubuh, tetapi tidak sesuai yang disebutkan. Misalnya, instruksi: “Touch your nose!” tetapi tutor memegang telinga. “Touch your head!” tetapi tutor memegang mata.
Word Chain
Alat:
- Papan tulis
- Spidol
Tujuan permainan:
Mengingat informasi yang tepat
Berlatih menyampaikan informasi dengan tepat
Aturan bermain:
- Peserta dibagi dua kelompok, berdiri membuat barisan memanjang
- Tutor membisikkan kata/frasa atau kalimat pada peserta yang berada di paling ujung, peserta meneruskannya kepada anak yang yang ada didepannya dengan cara berbisik. Begitu seterusnya.
- Peserta yang paling depan akan menuliskan apa yang ia dengar di papan tulis.
Making Sentences
Alat dan bahan:
Kartu bertuliskan nama benda, nama tempat, nama binatang, kata kerja, keterangan waktu.
Tujuan permainan:
Melatih membuat kalimat dalam bahasa inggris dengan benar
Aturan permainan:
- Peserta dibagi dalam kelompok kecil, 3-5 orang.
- Kartu dikocok dan dibagikan pada setiap kelompok
- Setiap kelompok harus berdiskusi untuk membuat kalimat dari kartu yang diperoleh.
- Kelompok yang paling banyak membuat kalimat yang tepat menjadi pemenang.
Head and Tail
Tujuan:
Menambah kosa kata.
Melatih mengingat penulisan tiap kata.
Aturan Permainan:
- Peserta duduk membuat lingkaran
- Tutor memulai permainan dengan menyebutkan satu kata dan harus diteruskan oleh peserta secara berurutan. Kata berikutnya diawali dengan huruf terakhir dari kata sebelumnya.
Contoh: City – Yellow – Wonderfull – Love – Earth – House
Pantomime
Alat dan bahan:
Sediakan kartu-kartu bertuliskan kalimat sederhana dan pendek, misalnya: The monkey climbs up the tree, the monkey is eating a banana
Tujuan permainan
Belajar mengkomunikasikan ekspresi dan gerakan yang tepat.
Peserta dapat merangkai kata-kata dengan urutan yang logis dan bermakna.
Aturan permainan:
- Peserta dibagi dalam beberapa kelompok kecil, 4-5 orang.
- Secara bergiliran, wakil kelompok maju dan memilih kartu (posisi kartu dibalik). Kemudian wakil memeragakan kata-kata tersebut hanya dengan gerakan dan ekspresi tanpa suara.
- Kelompok yang lain menebak, Yang menjawab benar akan mendapatkan poin
Snake and ladder
Alat dan bahan:
Papan ular tangga plus dadu
Kertas yang digulung berisikan instruksi, misal: sing a song, jump like a frog, atau bisa dengan soal penambahan, penguranga dan perkalian.
Siapkan banyak instruksi, sesuai nomor yang ada di papan ular tangga, atau bisa menggunakan sistem angka ganjil dan genap.
Tujuan:
Memahami instruksi dalam bahasa Inggris
Aturan Permainan:
- Tutor menyiapkan instruksi yang sudah digulung dan menaruhnya dalam wadah. Wadah A untuk nomer ganjil, Warna B untuk nomer genap.
- Peserta akan mengocok dadu dan kemudian jalan berdasarkan jumlah dadu. Jika berhenti diangka 5, artinya ia harus mengambil kertas instruksi dijumlah yang ganjil. Jika berhenti diangka 12, maka ambil kartu instruksi diwadah genap.
- Yang dapat menjalankan instruksi dengan tepat dan benar mendapatkan poin.
Mistery guess
Alat dan bahan:
Gambar dan deskripsi singkat tokoh populer dalam bahasa Inggris, Contoh: penyanyi, pemimpin negara, bintang film dan lain-lain. Usahakan nama tokoh yang dikenal luas.
Tujuan:
Peserta belajar membuat dan memahami pernyataan
Peserta belajar membuat kesimpulan berdasarkan informasi yg diperoleh.
Aturan permainan
Tutor meminta beberapa orang volunteer secara bergiliran, tiap volunteer maju ke depan sebagai mistery guess.
Peserta diminta untuk memilih salah satu nama tokoh yang disediakan. Kemudian ia akan memerankan tokoh tanpa memberi keterangan, kecuali menjawab pertanyaan dari peserta : yes atau no
Seluruh peserta berusaha menebak siapa tokoh tersebut dengan cara mengajukan pertanyaan yang hanya akan dijawab yes atau no.
Bila dalam 5 menit belum tertebak, volunteer boleh memberi sedikit keterangan.
Contoh: volunteer memerankan presiden.
Peserta mengajukan pertanyaan
Are you a singer?
Are you a leader?
Are from Indonesia?
Is Your skin black?
Scramble Words
Alat dan bahan:
Sediakan kertas berisi kata-kata yang telah diacak, jumlah kata dalam kertas ditentukan tutor.
Contoh
Soal Jawaban
Yypha Happy
Oomrssalc Classroom
Hpotenele Telephone
Bwdraroe Wardrobe
Nkchtie Kitchen
Tujuan permainan:
Menguji seberapa banyak kosa kata yang diketahui
Menambah kosa kata
Aturan main:
Setiap anak berlomba lomba mengumpulkan kata yang disusun dengan tepat
Story telling
Bahan dan alat:
Sediakan gambar yang berbeda-beda untuk setiap anak. Contoh gambar pemandangan, hutan yang terbakar, sungai yang tercemar, gunung meletus dan lain-lain
Tujuan permainan
Melatih anak untuk memberikan deskripsi dari apa yang ia lihat
Berlatih berbahasa Inggris aktif
Aturan bermain:
Setiap anak mendapatkan satu gambar dan diminta maju kedepan untuk menceritakan apa yang ia lihat digambar tersebut.
Tutorial
Alat dan bahan:
Disediakan oleh peserta, harap tutor memberitahu kan terlebih dahulu bahwa peserta akan melakukan presentasi atau memberikan tutorial. Misalnya, how to draw a big car, how to make a frog from origami dan sebagainya
Tujuan permainan
Anak mampu presentasi dengan percaya diri menggunakan Bahasa Inggris.
Aturan main
Peserta maju persatu bergantian mempresentasikan tutorialnya dan meminta beberapa anak untuk maju ke depan mempraktekkan tutorial.
Being A Presenter
Tujuan:
Aktif berbahasa Inggris
Melatih kepercayaan diri
Melatih kemampuan sosialisai
Aturan main:
Tutor meminta peserta menyiapkan pertanyaan untuk melakukan wawancara.
Peserta akan berjalan keluar/ ke sekitar dengan pantauan guru, lalu melakukan wawancara. Contoh, mewawancara guru lain menggunakan bahasa Inggris, mewawancara staf sekolah atau siapapun yang ada disekitar.
Peserta mencatat hasil wawancara dan mempresentasikannya di depan kelas
Quick Crossword
Alat dan bahan:
Tutor menyiapkan teka-teki silang. Bisa dibuat sendiri, dari activity book ataupun internet.
Tujuan permainan:
Melatih konsentrasi dan fokus
Aturan main:
Peserta diminta menjawab pertanyaan sesuai kolom yang disediakan pada permainan teka-teki silang.
Demikian beberapa game untuk belajar bahasa Inggris, semoga dapat bermanfaat dan aplikasikan dalam proses belajar mengajar.